PENAKALTENG, Muara Teweh – Dalam upaya memperkuat sinergi lintas sektor dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengalokasikan anggaran pada tahun 2025 untuk pembangunan sejumlah instansi vertikal yang ada di wilayah setempat.
Hal ini disampaikan langsung oleh Pj Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis, dalam kegiatan coffee morning usai apel pagi dan halal bihalal yang turut dihadiri oleh Pj Sekda Drs. Jufriansyah, staf ahli bupati, asisten sekda, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), serta kepala perangkat daerah lainnya, Selasa (8/4/2025).
Pj Bupati Muhlis menegaskan bahwa dukungan terhadap pembangunan instansi vertikal seperti Kodim 1013 Muara Teweh, Polres Barito Utara, Kejaksaan Negeri Barito Utara, serta Kantor Kementerian Agama merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap mitra strategis yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas dan pelayanan di daerah.
“Pengalokasian dana ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Barito Utara, yang tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur umum, tetapi juga memperhatikan sektor-sektor pendukung lainnya. Instansi vertikal ini merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari daerah kita,” ujar Muhlis.
Terkait pembangunan Markas Komando (MAKO) Kodim 1013 Muara Teweh, Muhlis menyampaikan bahwa pembangunannya akan tetap dilakukan di lokasi yang saat ini sudah ada.
Sementara itu, untuk mess Kejaksaan Negeri Barito Utara, pembangunan akan dilaksanakan di area perkantoran Kejaksaan yang sudah tersedia. Adapun untuk MAKO Polres, pihak Dinas PUPR masih berkoordinasi dengan institusi terkait untuk menentukan lokasi terbaik, apakah memanfaatkan lahan baru atau yang sudah ada.
“Penentuan lokasi pembangunan sepenuhnya menjadi kewenangan dari masing-masing institusi atau lembaga. Setelah ditentukan, kita dari pemerintah daerah akan menindaklanjuti melalui perencanaan teknis,” tambah Muhlis.
Dikonfirmasi secara terpisah, Kamis (10/4/2025), Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M. Iman Topik, mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah menyiapkan dokumen-dokumen lelang untuk pelaksanaan pembangunan kantor bagi instansi-instansi vertikal tersebut.
Ia menjelaskan bahwa seluruh anggaran telah dialokasikan dalam APBD Tahun 2025 dan berharap pelaksanaannya berjalan maksimal sesuai dengan perencanaan yang ada.
“Harapan kita, dengan anggaran yang tersedia, pembangunan bisa dimaksimalkan di masing-masing institusi, sehingga pelayanan kepada masyarakat juga bisa ditingkatkan,” tandas M. Iman Topik. (bvs)